Dikirim pada 2005-10-18 12:41:32 Oleh admin
SIMBOLISASI PERUBAHAN
Berubahnya logo Inti ( PT Industri Telekomunikasi Indonesia ) bukanlah sekedar perubahan simbol atau hanya sekedar perbedaan simbol atau hanya sekedar perbedaan visualisasi grafis dari tampilan logo sebelumnya, melainkan bermakna sarat sebagai satu ekspresi perubahan/transformasi yang dilakukan secara mendasar dan visioner selaras dengan visi INTI; ' to be the customer first choice in transforming Dream into Reality'
Sinergi memadai antara pengalaman panjang, kemampuan bidang rekayasa sistem dan integrasi teknologi, memantapkan langkah transformasi INTI yang secara signifikan telah dilakukan dari basis 'manufacture' kearah 'enginerring services'. Disamping merupakan revitalisasi sebagai potensi dan 'resources' yang ada, upaya pergeseran basis ini ditempuh untuk senantiasa responsif dan fleksibel baik terhadap dinamika pasar maupun preferensi kastemer yang semakin modern dari waktu ke waktu.
Disisi lain, gerak kemajuan teknologi telekomunikasi dan informatika sedemikian cepatnya bergulir bahkan sudah konvergen menjadi satu komoditas teknologi informasi & komunikasi ( INFOKOM ), kecepatan perubahan teknologi INFOKOM tersebut sudah barang tentu membawa dampak langsung terhadap dua sisi 'requirement' yakni; kebutuhan perangkat infrastruktur bagi operator secara kapasitas dan fitur serta kebutuhan aksesibilitas bagi pengguna jasa yang beragam.
Tanggap terhadap gejala/kecenderungan perubahan-perubahan yang ada, maka secara otomatis transformasi bisnis melalui INTI mengarah pada bisnis SOLUSI dengan bertumpu pada basis kompetensi; 'Infocom System & Technologi Integration' ( ISTI ) untuk segmen pasar operator tetap maupun seluler disamping INTI juga memang memiliki potensi-potensi prospektif bidang 'IT' dan 'private communication' untuk segmen pasar 'enterprise' termasuk instansi-instansi pemerintahan seperti Hankam. KESIAPAN UNTUK PERUBAHAN
Melihat kemasa depan serta mensiasati dinamika persaingan dunia usaha khususnya bidang INFOKOM telah mendorong INTI untuk senantiasa berbenah diri dengan meningkatkan kemampuan SDM, menumbuhkan semangat kreaktif & inovatif, mengembangkan layanan profesional, membangun jejaring kemitraan bisnis serta memantapkan eksistensi dan citra perusahaan melalui program komunikasi yang tepat dan efektif.
B erbagai peningkatan tersebut niscaya dilakukan INTI dengan prinsip 'continous improvement' diharapkan dapat bermuara pada pelayanan prima kepuasan semua kastemer yang diposisikan sebagai MITRA perusahaan. Disadari sepenuhnya, bahwa esensi perubahan tidaklah sebatas pada perbedaan visualisasi grafis antara logo baru ini sebagai satu 'icon' dari selengkap ekspresi INDENTITY PERUSAHAAN sebagai mitra yang dapat dipercaya ( trusted partner) yang sesungguhnya akan direpresentasikan melalui kesiapan/keunggulan ISTI pada setiap bidang bisnis yang meliputi; Jaringan Telekomunikasi Tetap ( JTT ), Jaringan telekomunikasi Seluler ( JTS ), Jaringan Integrasi Teknologi ( JIT ), bidang kompetensi IT serta penyedian dan pengaturan sistem/perangkat 'private communication'.
MAKNA PERUBAHAN
K omitmen INTI mengambil satu langkah perubahan dengan kepekaan melihat(visioner) dan lompatan perubahan ini memiliki ciri khas yang paling mudah dikenali; simple, luwes, dan dinamis. Dinamika perubahan merupakan salah satu ciri atau sifat yang paling jelas terlihat dari adaptivitas kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam setiap kiprah INTI.
Di dunia bisnis,perubahan bukan sesuatu yang baru, tidak ada kata lain dalam ilmu manajemen atau tataran praktek bisnis yang begitu 'magis' dan 'misterius' selain kata PERUBAHAN. Ia bahkan sudah dianggap sebagai sesuatu yang paling abadi diatas dunia ini. Dalam nuansa perubahan, sebagaimana layaknya roda kehidupan ini yang setiap detik beranjak pun ada perubahan, kita berubah dan diubah, mempengaruhi dan dipengaruhi adalah memang dinamika yang barangkali sudah fitrah. Memperhatikan fenomena dan kondisi ini, segala proses kehidupan/perubahan akan senatiasa mengalir pada kurva 'S' ( SIGMOID CURVE ) yang bermakna sebuah siklus perubahan berkelanjutan.
Untuk tetap antisipatif terhadap setiap perubahan yang senatiasa terjadi, maka tentu memahami proses perubahan itu sendiri menjadi sebuah displin tersendiri di dalam hidup, atau sering kita sebut manajemen perubahan. hal-hal inilah yang melandasi dan menjadi 'triger' pada perubahan 'corporate identity' INTI saat ini.
Melompat ke ke kurva ke dua....! Sebelum mencapai ke titik habis "SIGMOID Curve" adalah tingkatan antisipatif untuk berubah, adalah suatu titik tolak menjadi 'cara pandang', pola kerja lama yang menjadi 'pola kerja', sikap mental yang lama menjadi 'sikap mental' dan kemudian menata masa depan yang baru. Kurva baru menuju pengembangan INTI ke arah yang lebih baik.
MAKNA LOGO INTI
L ogo INTI dari serangkaian huruf visual yang dapat dibaca (logotype).
Logotype diolah sedemikian rupa dengan memperhatikan nilai keseimbangan, kesederhanaan (simplicity), perbedaan yang khas (differentiation), mudah dibaca dan menyatu dalam konsep perubahan yang bercirikan; luwes, dinamis dan modern.
Stilasi huruf N pada logo INTI merupakan pengembangan dari ide kurva perubahan (SIGMOID Curve), bentuk kurva biru muda yang bermuara pada titik/lingkaran biru tua melambangkan konsep perubahan berkelanjutan (change for suistainable connectivity). Relevan dengan visi INTI untuk menjadi pilihan pertama bagi para pelanggan dalam mentransformasikan 'mimpi' menjadi 'realita'. Kurva siklus/babak baru menuju pengembangan INTI yang lebih baik.
Logo secara utuh menggunakan warna biru muda dan biru tua, mengambil dari inspirasi dari warna langit yang tinggi dan samudra yang dalam. Mencerminkan sifat-sifat dasar INTI yang tenang namun pasti, penuh kepercayaan, mendalam, berbudaya, berilmu, dan berteknologi.
Gambaran keseluruhan logo mencerminkan karakter yang luwes, dinamis, modern dan inovatif. Kesederhanaan tampilan (simplicity) memberikan kesan keramah, transfaransi dan kemudahan, sesuai dengan perkembangan bidang informasi dan komunikasi yang senatiasa menuntut nilai tambah, kreativitas dan inovasi.
PELUNCURAN LOGO BARU INTI
P eluncuran, peresmian dan penggunaan/pemberlakuan secara 'officia' logo INTI sebagai 'corporate identity' yang baru ini akan dimulai pada awal november 2005.. (zmf).
Berubahnya logo Inti ( PT Industri Telekomunikasi Indonesia ) bukanlah sekedar perubahan simbol atau hanya sekedar perbedaan simbol atau hanya sekedar perbedaan visualisasi grafis dari tampilan logo sebelumnya, melainkan bermakna sarat sebagai satu ekspresi perubahan/transformasi yang dilakukan secara mendasar dan visioner selaras dengan visi INTI; ' to be the customer first choice in transforming Dream into Reality'
Sinergi memadai antara pengalaman panjang, kemampuan bidang rekayasa sistem dan integrasi teknologi, memantapkan langkah transformasi INTI yang secara signifikan telah dilakukan dari basis 'manufacture' kearah 'enginerring services'. Disamping merupakan revitalisasi sebagai potensi dan 'resources' yang ada, upaya pergeseran basis ini ditempuh untuk senantiasa responsif dan fleksibel baik terhadap dinamika pasar maupun preferensi kastemer yang semakin modern dari waktu ke waktu.
Disisi lain, gerak kemajuan teknologi telekomunikasi dan informatika sedemikian cepatnya bergulir bahkan sudah konvergen menjadi satu komoditas teknologi informasi & komunikasi ( INFOKOM ), kecepatan perubahan teknologi INFOKOM tersebut sudah barang tentu membawa dampak langsung terhadap dua sisi 'requirement' yakni; kebutuhan perangkat infrastruktur bagi operator secara kapasitas dan fitur serta kebutuhan aksesibilitas bagi pengguna jasa yang beragam.
Tanggap terhadap gejala/kecenderungan perubahan-perubahan yang ada, maka secara otomatis transformasi bisnis melalui INTI mengarah pada bisnis SOLUSI dengan bertumpu pada basis kompetensi; 'Infocom System & Technologi Integration' ( ISTI ) untuk segmen pasar operator tetap maupun seluler disamping INTI juga memang memiliki potensi-potensi prospektif bidang 'IT' dan 'private communication' untuk segmen pasar 'enterprise' termasuk instansi-instansi pemerintahan seperti Hankam. KESIAPAN UNTUK PERUBAHAN
Melihat kemasa depan serta mensiasati dinamika persaingan dunia usaha khususnya bidang INFOKOM telah mendorong INTI untuk senantiasa berbenah diri dengan meningkatkan kemampuan SDM, menumbuhkan semangat kreaktif & inovatif, mengembangkan layanan profesional, membangun jejaring kemitraan bisnis serta memantapkan eksistensi dan citra perusahaan melalui program komunikasi yang tepat dan efektif.
B erbagai peningkatan tersebut niscaya dilakukan INTI dengan prinsip 'continous improvement' diharapkan dapat bermuara pada pelayanan prima kepuasan semua kastemer yang diposisikan sebagai MITRA perusahaan. Disadari sepenuhnya, bahwa esensi perubahan tidaklah sebatas pada perbedaan visualisasi grafis antara logo baru ini sebagai satu 'icon' dari selengkap ekspresi INDENTITY PERUSAHAAN sebagai mitra yang dapat dipercaya ( trusted partner) yang sesungguhnya akan direpresentasikan melalui kesiapan/keunggulan ISTI pada setiap bidang bisnis yang meliputi; Jaringan Telekomunikasi Tetap ( JTT ), Jaringan telekomunikasi Seluler ( JTS ), Jaringan Integrasi Teknologi ( JIT ), bidang kompetensi IT serta penyedian dan pengaturan sistem/perangkat 'private communication'.
MAKNA PERUBAHAN
K omitmen INTI mengambil satu langkah perubahan dengan kepekaan melihat(visioner) dan lompatan perubahan ini memiliki ciri khas yang paling mudah dikenali; simple, luwes, dan dinamis. Dinamika perubahan merupakan salah satu ciri atau sifat yang paling jelas terlihat dari adaptivitas kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam setiap kiprah INTI.
Di dunia bisnis,perubahan bukan sesuatu yang baru, tidak ada kata lain dalam ilmu manajemen atau tataran praktek bisnis yang begitu 'magis' dan 'misterius' selain kata PERUBAHAN. Ia bahkan sudah dianggap sebagai sesuatu yang paling abadi diatas dunia ini. Dalam nuansa perubahan, sebagaimana layaknya roda kehidupan ini yang setiap detik beranjak pun ada perubahan, kita berubah dan diubah, mempengaruhi dan dipengaruhi adalah memang dinamika yang barangkali sudah fitrah. Memperhatikan fenomena dan kondisi ini, segala proses kehidupan/perubahan akan senatiasa mengalir pada kurva 'S' ( SIGMOID CURVE ) yang bermakna sebuah siklus perubahan berkelanjutan.
Untuk tetap antisipatif terhadap setiap perubahan yang senatiasa terjadi, maka tentu memahami proses perubahan itu sendiri menjadi sebuah displin tersendiri di dalam hidup, atau sering kita sebut manajemen perubahan. hal-hal inilah yang melandasi dan menjadi 'triger' pada perubahan 'corporate identity' INTI saat ini.
Melompat ke ke kurva ke dua....! Sebelum mencapai ke titik habis "SIGMOID Curve" adalah tingkatan antisipatif untuk berubah, adalah suatu titik tolak menjadi 'cara pandang', pola kerja lama yang menjadi 'pola kerja', sikap mental yang lama menjadi 'sikap mental' dan kemudian menata masa depan yang baru. Kurva baru menuju pengembangan INTI ke arah yang lebih baik.
MAKNA LOGO INTI
L ogo INTI dari serangkaian huruf visual yang dapat dibaca (logotype).
Logotype diolah sedemikian rupa dengan memperhatikan nilai keseimbangan, kesederhanaan (simplicity), perbedaan yang khas (differentiation), mudah dibaca dan menyatu dalam konsep perubahan yang bercirikan; luwes, dinamis dan modern.
Stilasi huruf N pada logo INTI merupakan pengembangan dari ide kurva perubahan (SIGMOID Curve), bentuk kurva biru muda yang bermuara pada titik/lingkaran biru tua melambangkan konsep perubahan berkelanjutan (change for suistainable connectivity). Relevan dengan visi INTI untuk menjadi pilihan pertama bagi para pelanggan dalam mentransformasikan 'mimpi' menjadi 'realita'. Kurva siklus/babak baru menuju pengembangan INTI yang lebih baik.
Logo secara utuh menggunakan warna biru muda dan biru tua, mengambil dari inspirasi dari warna langit yang tinggi dan samudra yang dalam. Mencerminkan sifat-sifat dasar INTI yang tenang namun pasti, penuh kepercayaan, mendalam, berbudaya, berilmu, dan berteknologi.
Gambaran keseluruhan logo mencerminkan karakter yang luwes, dinamis, modern dan inovatif. Kesederhanaan tampilan (simplicity) memberikan kesan keramah, transfaransi dan kemudahan, sesuai dengan perkembangan bidang informasi dan komunikasi yang senatiasa menuntut nilai tambah, kreativitas dan inovasi.
PELUNCURAN LOGO BARU INTI
P eluncuran, peresmian dan penggunaan/pemberlakuan secara 'officia' logo INTI sebagai 'corporate identity' yang baru ini akan dimulai pada awal november 2005.. (zmf).