INTI melalui Divisi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Umum (MSDMU) menggelar Webinar INTI Episode 21 yang mengusung tajuk "Public Relation Insights". Webinar edisi kedua puluh satu yang diadakan pada Jumat, 26 November 2021 ini menghadirkan narasumber Manager Hubungan Masyarakat Niknik Siti Maryam dan Senior Officer Hubungan Masyarakat Dani Prasetya.
_
Kegiatan yang diikuti oleh 67 karyawan dari INTI Group itu mengulas pengetahuan dasar mengenai Tugas dan Fungsi Public Relation pada sebuah Perusahaan. Public Relation sendiri merupakan seni menciptakan pengertian publik yang baik (good will) sehingga bisa memperdalam tingkat kepercayaan publik terhadap suatu organisasi atau individu.
Materi Tugas dan Fungsi Humas yang dibahas pada kesempatan ini yaitu mengenai Corporate Communication, Crisis Communication, dan Marketing Communication. Ketiga hal tersebut tentunya memiliki perbedaan masing-masing, Seperti Corporate Communication merupakan ‘payung’ yang membawahi berbagai aspek komunikasi, termasuk Public Relations, wartawan, komunikasi internal, investor, masyarakat melalui Corporate Social Responsibility (CSR), maupun pemerintah, termasuk urusan terkait administrasi perusahaan, birokrasi, compliance, hingga general affairs. Tanggung jawab ini dijalankan oleh seorang Corporate Secretary.

_
Pada kesempatan ini dijelaskan pula bagaimana cara untuk menghadapi crisis komunikasi yang menimpa perusahaan. Dasar dari komunikasi krisis adalah memberikan respon dengan segera begitu krisis terjadi, dengan pesan yang terbuka dan jujur kepada para pemangku kepentingan baik yang terpengaruh secara langsung atau tidak langsung. Perusahaan atau organisasi punya waktu “minimal 40 menit hingga maksimal 12 jam” untuk memberikan penjelasan versi mereka atas sebuah krisis.

Jika dalam rentang waktu tersebut organisasi atau korporasi gagal merilis informasi yang relevan, maka kepercayaan publik kemungkinan sudah turun terhadap informasi yang akan dirilis di luar time frame tadi.

_
Webinar kali ini diakhiri dengan diskusi tanya jawab dan kuis berhadiah dengan 10 orang pemenang.
Kegiatan sharing knowledge yang rutin diadakan seperti ini menjadi salah satu wujud nyata penerapan nilai-nilai utama AKHLAK untuk terus meningkatkan kapabilitas dan keilmuan. Harapannya, transfer knowledge terkait materi webinar kali ini dapat memberikan pemahaman dan ilmu baru bagi para karyawan.



"PUBLIC RELATION INSIGHTS DALAM WEBINAR INTI EPS.21"   |   Dibaca 147 kali   |   0 Komentar    |   Login untuk berkomentar   

Komentar