Karyawan tidak akan peduli seberapa banyak Anda tahu, sampai mereka
mengetahui seberapa sungguh Anda peduli. Komunikasikan dulu kepedulian Anda pada para karyawan, barulah kemudian Anda dapat meminta mereka melakukan sesuatu.
Renungan:


Karyawan adalah orang-orang biasa yang akan memberikan tanggapan bila seseorang dengan tulus memedulikan mereka. Ini bukan berarti kita harus memberikan apa pun yang mereka kehendaki. Namun, kita harus menunjukkan minat pribadi dan memperlakukan mereka dengan sikap hormat.


Kita bukanlah sekumpulan robot. Kita bekerja dengan orang-orang yang memiliki perasaan. Tiap karyawan ingin disenangi, dihargai, dan dihormati.
Jika diperlakukan demikian, mereka pun akan menanggapi secara lebih enak dan dengan semangat lebih besar. Bila diperlakukan seperti robot, mereka pun menanggapi seperti robot. Mungkin saja anda berhasil memperoleh hasil tertentu, namun anda akan jarang memperoleh kreativitas atau peningkatan yang luar biasa. Jika diperlakukan dengan buruk, ketidakbahagiaan para karyawan cenderung muncul dengan cara-cara yang tidak kentara, misal, semangat kerja yang rendah dan masalah-masalah pribadi.


Ada satu catatan penting bila anda hendak menunjukkan sikap peduli pada karyawan. Yaitu; ketulusan adalah hal yang sangat menentukan. Sangatlah buruk bila anda berpura-pura tulus. Karyawan yang anda pimpin akan mampu "membaca" sikap anda. Jika anda tidak tulus, mereka akan berpikir bahwa anda sebenarnya tidak peduli, bahkan mencoba menipu mereka.


Bahan Renungan:


- Apakah anda peduli dengan karyawan anda?

- Bagaimana Anda menunjukkan kepedulian anda?

- Dapatkah anda menunjukkan sesuatu yang secara pribadi sangat penting bagi masing-masing anggota tim yang langsung berada di bawah pimpinan anda? Rekan-Kantor



"Sikap Peduli Pasti Memberikan Hasil (Renungan Pemimpin)"   |   Dibaca 304 kali   |   0 Komentar    |   Login untuk berkomentar   

Komentar